home

Daftar isi

Welcome

Selamat datang Dalam Blog baru Saya yang ke-2 kalinya.
Karena Blog saya yang satu Lupa Paswordnya. Maka Saya Pakai Blog baru
Blog ini pertama saya buat untuk Tugas kuliah
Selain Tugas Kuliah Pasti Akan Ada Sesuatu yang akan saya postingkan.
Happy and enjoy with my blog.

Friday, December 28, 2012

Arti dari angka pada Nomer Induk Pegawai (NIP)

Arti dari angka pada Nomer Induk Pegawai (NIP)Hai para sobat. Ini saya luncurkan lagi sekilas pandang tentang NIP. apakah para pembaca sudah tahu apa itu NIP? NIP adalah singkatan dari Nomer Induk/Identitas Pegawai. Nah kalau anda adalah seorang pegawai negeri sipil atau saudara anda ada yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil /PNS paling tidak anda mengetahui identitas dari NIP yang ada. Sebagai contoh ada teman saya yang memberikan reverensi NIP karena kini dia telah menjadi CPNS. yaitu Abdul wahab admin dari Guru Pantura. Baru tahun 2012 pada bulan 11 kemarin dia telah sah menjadi pegawai di Kab. Bogor.
Ok kita bahas tentang NIP saudara Wahab ini.
NIP nya. 19900531 201211 1 001
Baik kita bahas satu persatu dari angka warna merah. 19900531 ini adalah tanggal lahir yang punya NIP. 
Biasanya urut-urutanyan tahun kelahiran/bulan kelahiran/tanggal kelahiran
Untuk no dengan warna kuning 201211 ini adalah tahun dia diangkat. seperti tahun di samping, dia diangkat pada bulan November tahun 2012. Formatnya adalah tahun pengangkatan pegawai,bulan pengangkatan.
Untuk angka warna hijau itu adalah jenis kelamin. Jika laki-laki biasanya dituliskan angka 1, dan perempuan biasanya angka 2
Untuk angka Biru yang dituliskan angka 001 ini adalah nama yang sama saat pengangkatan di daerah tersebut. Kita melihat dari jumlah nama yang sama di tahun dan bulan pengangkatan. Jika namanya  ada 1 biasanya 001, jika ada nama yang hampir serupa biasanya di urutkan sesuai dengan Alfabet.
Demikian sekilas pandang NIP teman saya. Terima kasih :D

3 comments:

  1. Mohon petunjuk utk membuat nomor induk bagi gura swasta, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Mohon petunjuk untuk.membuat nik pada karyawan bank

    ReplyDelete
  3. Mohon petunjuk untuk membuat nomor induk bagi gura swasta

    ReplyDelete