Terima kasih sudah mengunjungi dan
menunggu postingan saya. Dalam Posting kali ini saya akan mengugkapkan
implementasi teori Gagne dalam pembelajaran yang menerapkan nya dalam kelas.
Dengan dua Versi. Versi Indonesia dan Inggrisnya. Mungkin tak sebanyak
postingan sebelumnya, tetapi semoga bermanfaat.
Dalam pembelajaran menurut Gagne
peranan guru lebih banyak membimbing
peserta didik, guru dominan sekali peranannya dalam membimbing peserta didik. Di
dalam mengajar memberikan serentetan kegiatan dengan urutan sebagai berikut :
peserta didik, guru dominan sekali peranannya dalam membimbing peserta didik. Di
dalam mengajar memberikan serentetan kegiatan dengan urutan sebagai berikut :
-
Membangkitkan dan memelihara perhatian
-
Merangsang siswa untuk mengingat kembali konsep,
aturan dan keterampilan yang relevan sebagai prasyarat
-
Menyajikan situasi atau pelajaran baru
-
Memberikan bimbingan belajar
-
Memberikan Feedback atau balikan
-
Menilai hasil belajar.
-
Mengupayakan transfer belajar
-
Memantapkan apa yang dipelajari dengan memberikan
latihan-latihan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari
Implementation
theory Robert M Gagne on learning
On learning according
Gagne teacher action more much guidance student. On Teaching give consecutively
activity with order as follow.
1.
Arousing
and keep attention
2.
Stimulate
student to remember again concept, rule and skill is relevant to prerequisite.
3.
Present
situation or new learning
4.
Give
study guidance
5.
Values
result study Imam arif wirastho
6.
Strive
for replacement study
7.
Convince
what is studied with give exercise to apply what is already study.
Sampai
Jumpa di postingan selanjutnya.
No comments:
Post a Comment